Kamis, 19 Januari 2023

Kreatif, Babinsa Ikuti Sosialisasi Pembuatan Pupuk Cair Fungisida


Cilacap - Babinsa Koramil 05/Nusawungu Serka Sugiarto menghadiri kegiatan sosialisasi praktik pembuatan POC (Pupuk Organik Cair) oleh penyuluh pertanian lapangan dirumah Riyanto Ketua Gapoktan Sumber Rejeki Desa Danasri Lor, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Kamis (19/1/2023).

Aktivitas Babinsa di tengah tengah masyarakat dalam upaya membantu kesulitan masyarakat di beberapa aspek, seperti mengatasi kelangkaan pupuk tanaman padi dengan membantu dan mengaplikasikan pembuatan pupuk cair Fungisida yang sangat dibutuhkan oleh para petani.

Kegiatan ini di dampingi oleh Kepala Desa Danasri Lor, Dalail, Ketua PPL Desa Danasri Lor Sukardi Amd., Babinsa Koramil 05/Nusawungu Serka Sugiarto, Ketua Gapoktan Riyanto, Pengamat Tanaman POPT Slamet Riyadi dan Para Petani..

Serka Sugiarto mengatakan, Keberadaan kami dalam praktek pembuatan POC Fungisida disamping bermanfaat bagi petani tentunya juga bermanfaat bagi dirinya, sehingga berbagai pelatihan yang didapat setidaknya dapat meningkatkan kualitas tanaman dan hasil panen yang memuaskan.

“Pemakaian bahan-bahan organik dalam perawatan tanaman pertanian memang sedang digalakkan, di samping dalam menyehatkan hasil panen untuk dikonsumsi juga terbukti sangat menghemat biaya juga menyuburkan lahan pertaniannya,"ucapnya.

“Dengan pemanfaatan pupuk organik tersebut tentunya akan lebih menghemat biaya perawatan lahan dan tanaman yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani itu sendiri,”imbuhnya.

“Apalagi pembuatan pupuk organik yang tidak terlalu sulit bahan bakunya justru sampah atau kotoran yang ada disekitar kita dapat kita manfaatkan secara optimal untuk pembuatan pupuk organik tersebut, bahan-bahan organik tersebut sangat dianjurkan dan tidak kalah dengan pupuk maupun obat-obatan berbahan kimia bahkan dengan pemakaian obat dan pupuk organik tersebut hasilnya juga lebih sehat untuk kita konsumsi,”Pungkas Babinsa..



(R05)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar