Senin, 30 Januari 2023

Cari Solusi Terbaik, Babinsa Hadiri Evaluasi Dan Usulan Pemerintah Desa


Cilacap - Guna mencari solusi terbaik dan menampung seluruh aspirasi Pemerintah Desa se Kecamatan Kampung Laut, Babinsa Koramil 09/Kawunganten Serda Ronal Langlaku Hadiri kegiatan "Evaluasi dan usulan-usulan dari 4 Desa di wilayah Kecamatan Kampung Laut" dalam Acara Kunjungan Kerja Direktur Pemberdayagunaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Desa Panikel  Kecamatan Kampung Laut Kabupaten Cilacap, Senin (30/1/2023).

Kegiatan dihadiri Direktur PSDA Provinsi Jawa Tengah Kusdwiyanto, ST. M.Eng,. Kepala UPTD Pengairan Wilayah Jeruklegi Dinas PSDA Kab. Cilacap  Samino, ST. MT,. Camat Kampung Laut Heru Kurniawan, S. STP. MM, Babinsa Panikel Serda Ronal Langlaku mewakili Danramil 09/Kawunganten, Kapolsubsektor Kampunglaut Ipda Dedi, Para Kepala Desa se Kecamatan Kampung Laut beserta Ketua BPD dan Perwakilan Perangkat Desa.

Adapun usulan 4 Desa di wilayah Kecamatan Kampung Laut diantaranya Desa Panikel mengusulkan pembuatan jaringan irigasi dan Embung di daerah sebrang timur sungai Cibeureum dan sungai Cimeneng dengan panjang sekitar 27 KM Arel 3.686,5 Hektar, sedangkan untuk Desa Ujung Gagak mengusulkan pembuatan embung dan sumber air pertanian dengan sasaran luas sawah 1500 hektar sawah produktif.

Untuk usulan Desa Ujung Alang yaitu Pembangunan Bendung Pasuruan dari Gua Pasuruan dengan luas sasaran sekitar 900 hektar lahan pertanian dan penanggulangan Air asin, Untuk Desa Klaces mengusulkan Pembuatan saluran Irigasi sepanjang 4000 meter, Pembuatan embung, Penambahan rabat beton sepanjang 600 meter, Normalisasi Segara Anakan dan sungai-sungai yang berhubungan dengan Segara Anakan.

Menanggapi usulan tersebut Direktur PSDA Provinsi Jawa Tengah Kusdwiyanto, ST. M.Eng siap menampung dan akan membawa ke rapat intern sebagai bahan pertimbangan, selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan survei lapangan sebagai bahan pembuktian dalam rangka pencarian solusi terbaik kedepannya di wilayah Kecamatan Kampung Laut.

Usai mengikuti kegiatan tersebut, Babinsa Panikel Serda Ronal Langlaku dalam laporannya menyampaikan bahwa mayoritas usulan dari 4 Desa se Kecamatan Kampung Laut adalah untuk ketahanan pangan khususnya bidang pertanian akan tetapi kebutuhan air masih belum bisa tercukupi dan hanya mengandalkan air hujan sedangkan sumber pengairan yang ada merupakan air asin.

"Semoga dengan kegiatan ini, harapan seluruh masyarakat se Kecamatan Kampung Laut dapat terwujud", ucapnya.

 

(R09)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar