Senin, 02 Januari 2023

Menyambut Tahun Baru, Babinsa Bersihkan Lingkungan Bersama Warga


Cilacap - Salah satu budaya yang menjadi identitas Bangsa Indonesia adalah Kerja Bakti dan Gotong Royong, kegiatan ini masih sangat kental terlihat di sebagian besar masyarakat kita, khususnya di pedesaan, kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat secara bersama-sama, salah satunya adalah kerja bakti untuk membangun infrastruktur dan membersihkan lingkungan sekitar yang dilakukan dengan bergotong royong.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 14/Cimanggu Kodim 0703/Cilacap Serda Pandu Iriyanto kepada masyarakat di desa binaannya, dengan tekad kemanunggalan TNI bersama Rakyat begitu nampak dan benar-benar nyata. Hal tersebut terbukti saat Babinsa dengan sepenuh hati membantu masyarakat melaksanakan kerja bakti membersihkan bahu jalan dari rumput liar dan material longsoran di Dusun Garunggang Desa Negarajati Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap, Minggu (1/1/23)

Dalam keterangannya Serda Pandu Iriyanto mengatakan bahwa "Kegiatan gotong royong ini selain menyambut tahun baru agar terlihat bersih dan rapi, juga salah satu bukti nyata dan sekaligus penguatan kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Kegiatan kerja bakti sebagai implementasi dari pembinaan teritorial, hal itu sudah menjadi tugas pokok TNI khususnya Babinsa sebagai ujung tombak aparat teritorial kewilayahan,”ungkap Babinsa.

"TNI selalu siap membantu masyarakat, karena salah satu tugas pokok TNI selain operasi militer adalah turut serta dalam membantu pemerintah mensejahterakan masyarakat,"ucap Serda Pandu.

Sasaran kerja bakti kali ini difokuskan pembersihan bahu jalan dari rumput liar dan material bekas longsoran tanah yang menutupi saluran air.

Dalam kesempatan itu Kades Negarajati Wasko mengatakan, bahwa tujuan diadakannya kegiatan bersih-bersih ini adalah untuk menjadikan lingkungan Desa Negarajati asri dan nyaman bagi kita semua, sehingga dengan kegiatan seperti ini setidaknya sudah mengurangi sumber penyakit dari lingkungan yang kotor.

"Selain untuk menjaga kebersihan di tahun baru ini, kegiatan kerja bakti juga untuk menjaga dan membina hubungan sosial masyarakat, dan saya berharap kegiatan ini terus berjalan, khususnya di wilayah Desa Negarajati,"jelasnya.

Kegiatan kerja bakti itu sendiri dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB. sampai dengan pukul 12.30 WIB. Dengan penuh semangat warga Desa Negarajati membersihkan jalan tersebut.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Kades Negarajati Wasko, Babinsa Koramil 14/Cimanggu Serda Pandu Iriyanto, Kadus Garunggang Taryo, Ketua RT, RW dan masyarakat Dusun Garunggang sebanyak 50 orang. Selama kegiatan berjalan dengan lancar aman dan penuh kekeluargaan.

 

(R14)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar