Kamis, 12 Januari 2023

Primkop Kartika A-04 Cilacap Gelar RAT ke-54 Tutup Buku Tahun 2022


Cilacap - Primer Koperasi (Primkop) Kartika A-04 Cilacap menggelar acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-54 Tutup Buku Tahun 2022, dengan mengusung tema "Kita mantapkan penataan Koperasi yang sehat usaha, organisasi dan keuangan secara terpadu menuju Koperasi mandiri, maju dan profesional", bertempat di Aula Satya Kartika Kodim 0703 Cilacap, Jln. Jenderal Sudirman No.D-1 Cilacap, Kamis (12/01/2023).

Kegiatan dihadiri Kapuskop yang dalam hal ini diwakili oleh Perwira  Ahli Bidang Politik Kodam IV/Diponegoro Kolonel Inf Amin Taufik S.Sos, Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf Saeroji, Kepala Kanminvetcad IV/03 Cilacap Mayor Sumar, Ketua primkop A-04 Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf Saidin, Dekopinda Kab. Cilacap Hariyadi, Kabid Kelembagaan dan pengawasan DPKUKM Kab. Cilacap Bambang Haryono S.H, M.H, Perwakilan Primkop Lanal Cilacap, para Danramil dan Perwira Staf Kodim 0703/Cilacap, anggota Kodim, PNS AD dan perwakilan Persit Kodim 0703/Cilacap. 

Dalam sambutanya Ketua Primkop (Kaprim) Kartika A-04 Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf. Saidin memaparkan terkait Laporan pertanggungjawaban pengurus koperasi A-04 dan rencana anggaran/kerja kepada para peserta RAT.

"Hasil yang telah dicapai pengurus dan pengawas selama ini adalah hasil dari kerja nyata para pengurus dan pengawas serta partisipasi aktif dari seluruh anggota. Perhatian khusus dari pembina yang telah memberikan kesempatan dan fasilitas untuk perkembangan dan memberikan kesejahteraan anggota dan keluarganya," ucapnya.

Lanjutnya, mengingat pentingnya acara ini kami mengharap kepada para peserta yang hadir untuk tampil secara aktif memberikan tanggapan, saran dan masukan demi kemajuan Koperasi Primkop Kartika A-04 Cilacap 

"Kami mewakili pengurus juga memohon kepada bapak-bapak pejabat yang terkait sekiranya dapat memberikan arahan masukan pada rapat anggota tahunan ke-54, guna kemajuan koperasi kami," harap Kaprim.

Sementara itu, Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf. Andi Afandi S.I.P dalam sambutan yang dibacakan oleh Kasdim Mayor Inf Saeroji mengatakan kehadiran Koperasi Kartika A-04 Kodim 0703/Cilacap telah memberikan andil yang signifikan terhadap pemberdayaan ekonomi kepada anggota dan masyarakat sekelilingnya.

"Saya menyampaikan apresiasi setinggi - tingginya kepada perintis, penggiat koperasi dan khususnya kepada pengurus dan manajemen Primkop Kartika A-04 Kodim 0703/Cilacap atas keberhasilan mengelola koperasi dan sekaligus mendinamisasi peran koperasi kredit dan saat ini tetap eksis dengan performance yang selaras dan dapat mengimbangi perkembangan dunia usaha," katanya.

Primkop Kartika A-04 Kodim 0703/Cilacap tentunya menjadi motor penggerak dengan mengambil peran penting yaitu bagaimana upaya meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Keberhasilan sebuah koperasi tentunya dilihat dari sisi sejauh mana perubahan tingkat kehidupan anggotanya sebelum dan sesudah berkoperasi.

Koperasi yang berkembang adalah koperasi yang mampu meningkatkan sumber daya manusia maupun sumber daya fisiknya, sumber daya manusia dapat dinilai berdasarkan kuantitas maupun kualitasnya. 

Sumber daya fisik dan teknologi juga dapat menjadi penentu dalam keberhasilan suatu koperasi, meliputi bangunan kantor, peralatan kantor, sarana komunikasi, dan Kekuatan manajemen koperasi dapat dipantau dari penerapan fungsi-fungsi manajemen normatif, koordinasi, konsolidasi, rapat-rapat dan pelaporan yang dilakukan.

"Penerapan fungsi manajemen normatif akan terlihat dari adanya perencanaan yang sistematis, adanya distribusi pekerjaan dan tanggung jawab yang jelas, adanya pedoman kerja dan adanya alat kontrol dan evaluasi untuk menentukan kemajuan kerja yang dicapai," tutup Dandim.



Oke

Tidak ada komentar:

Posting Komentar