Jumat, 06 Januari 2023

Cegah Stunting, Tiga Pilar Desa Cilibang Monitoring Kegiatan Pentak


Cilacap - Tiga Pilar Desa Cilibang yaitu Kepala Desa Purnomo Edy, S.H bersama Babinsa Cilibang Koramil 02/Jeruklegi Sertu Urip Ashari dan Bhabinkamtibmas Aipda Mulyono monitoring kegiatan penimbangan serentak (Pentak) Balita di 4 Posyandu yang ada di Desa Cilibang Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jumat (06/01/2023).

Penimbangan serentak ini dilaksanakan dalam upaya pencegahan dan penekanan angka Stunting pada Balita serta memvalidasi jumlah Balita Stunting untuk mendapatkan PMT selama 90 hari. 

Kegiatan Pentak di desa ini ditinjau langsung Kepala UPTD Puskesmas Jeruklegi II Drg. Pustikasari, Kepala UPTD Puskesmas Jeruklegi I Dr. Pratiti Wiji Lestari beserta anggotanya, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Ny. Taneri Rosikin, Serta Bidan Desa Cilibang Indah F. beserta para kader kesehatan Desa Cilibang.

Adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan di beberapa Posyandu diantaranya penimbangan, pengukuran lingkar kepala, pengukuran lengan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar perut, pemberian makanan bergizi dan susu untuk balita.

Kehadiran Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam kegiatan ini merupakan wujud peran serta dalam membantu pemerintah dalam upayanya mencegah dan menekan angka stunting khususnya yang ada di wilayah Kecamatan Jeruklegi dan umumnya di wilayah Kabupaten Cilacap.

"Program Pemerintah Indonesia menyatakan bahwa untuk wilayah Indonesia di tahun 2025 harus terbebas dari stunting, untuk itu selaku Babinsa kita berusaha membantu di tingkat desa agar para Balita dapat dipantau perkembangannya sehingga stunting dapat dicegah dan angka stunting dapat menurun," Ungkap Babinsa.

 

(R.02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar