Senin, 16 Januari 2023

Babinsa Optimalkan Peran Linmas Di Wilayah


Cilacap - Semakin kompleks dan beragamnya persoalan yang ada di masyarakat pedesaan, khususnya masalah gangguan keamanan dan ketertiban, peran dan fungsi Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) menjadi begitu penting. Linmas memiliki peranan yang begitu strategis dalam menjaga keamanan dan ketertiban di desa.

Oleh karena itu untuk memantapkan tugas dan fungsi sebagai anggota Linmas, diperlukan pembinaan ataupun pelatihan, agar setiap anggota Linmas mempunyai bekal diri dan strategi yang mumpuni dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

Merespon persoalan tersebut, Serda Pandu Iriyanto Babinsa Koramil 14/Cimanggu Kodim 0703/Cilacap bersama Bhabinkamtibmas Polsek Cimanggu Brigadir Heru, memberikan pembinaan dan pelatihan untuk mengoptimalkan peran serta Linmas dalam keamanan dan ketertiban lingkungan. Kegiatan itu sendiri  dilaksanakan di Balai Desa Karangsari, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, Senin (16/1/23)

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kades Karangsari Acep Saepul Mila, S.Pd.I., Babinsa Koramil 14/Cimanggu Serda Pandu Iriyanto, Bhabinkamtibmas Polsek Cimanggu Brigadir Heru, Satpol PP Kecamatan Cimanggu Maryanto dan anggota Linmas Desa Karangsari.

Serda Pandu mengatakan, pembinaan dan pelatihan ini bertujuan guna memaksimalkan peran Linmas dan memberikan pemahaman akan tugas-tugas yang diemban anggota Linmas dalam menjaga keamanan di lingkungan masing-masing. Dengan harapan anggota Linmas selalu waspada terhadap perkembangan situasi di lingkungannya, sekaligus bersemangat menjaga solidaritas dan kebanggaan dalam menjalankan tugas sebagai seorang Linmas.

"Pembinaan dan pelatihan Linmas merupakan salah satu kegiatan pembinaan perlawanan wilayah (Binwanwil) dimana Babinsa memiliki tugas menjalin kemitraan dengan para anggota Linmas, sebagai upaya menjadi mata dan telinga terhadap segala perkembangan situasi dan kondisi yang terjadi di wilayah binaan, "jelasnya.

Pada kesempatan itu juga, selain memberikan pengetahuan tentang wawasan kebangsaan dan bela negara, juga diajarkan metode praktek langsung berupa gerakan peraturan baris berbaris (PBB) dan pengaturan lalu lintas di tempat keramaian.

Sementara itu Kades Karangsari Acep Saepul Mila, mengucapkan terima kasih kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang telah mendukung penuh kegiatan pembinaan ini.

"Kami berharap dengan adanya pembinaan dan pelatihan Satlinmas Desa Karangsari ini, dapat meningkatkan kemampuan serta kedisiplinan Satlinmas dalam menjaga keamanan dan ketentraman masyarakat Desa Karangsari,"ujarnya.

 

(R14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar