Kamis, 26 Januari 2023

Kasdim Cilacap Hadiri Rapat Kajian Pengembangan dan Pengelolaan Pantai Teluk Penyu dan Benteng Pendem


Cilacap - Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0703 Cilacap Mayor Inf Saeroji dalam hal ini mewakili Dandim menghadiri rapat kajian pengembangan dan pengelolaan Pantai Teluk Penyu dan Benteng Pendem, bertempat di ruang rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Jln. Jenderal Sudirman No. 32 Cilacap, Kamis (26/01/2023).

Hadir dalam forum tersebut, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Cilacap Drs. M. Wijaya, MM, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Cilacap Paiman, S.Ag, M.Pd, Kasdim 0703 Cilacap Mayor Inf Saeroji didampingi Pasiter Kapten Inf Saidin dan perwakilan Dinas/OPD terkait.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap Paiman memaparkan bahwa hal yang menjadi latar belakang dari agenda rapat terkait pengembangan destinasi Pariwisata yang saat ini menjelma menjadi industri gaya baru, secara langsung maupun tidak langsung menjadi daya ungkit bagi pertumbuhan ekonomi maupun sektor lainnya.

"Seperti kita tahu Kawasan Teluk Penyu dan Benteng Pendem merupakan ikon Destinasi Pariwisata Kabupaten Cilacap, yang mana memiliki kontribusi yang signifikan pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Cilacap yang mana lokasinya berada di atas tanah milik TNI AD sehingga kita tidak bisa secara langsung mengelolanya,"paparnya.

Pemkab Cilacap melalui Disporapar memandang perlu melakukan kerjasama dengan TNI AD terkait pengembangan destinasi pariwisata di Kawasan Teluk Penyu dan Benteng Pendem.

Kawasan Teluk Penyu berada di atas tanah seluas 110.714 m2 dengan Sertifikat Hak Pakai No. 31 Tahun 2013, sedangkan kawasan Benteng Pendem berada diatas tanah seluas 96.000 m2 dengan Sertifikat Hak Pakai No. 25 Tahun 2002.

"Apa yang perlu kita bahas adalah seperti apa bentuk kerjasama yang sesuai dengan perundang-undangan serta klasifikasinya. Kedua, alternatif solusi seperti apakah yang diperlukan agar Pemerintah Kabupaten Cilacap dapat kembali melakukan Pengembangan Destinasi Pariwisata di kawasan Teluk Penyu dan Benteng Pendem," tegasnya.

(Oke)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar