Selasa, 17 Januari 2023

Upaya Pencegahan Stunting Dengan Pemberian Makanan Tambahan


Cilacap - Agar pelaksanaannya berjalan tertib, lancar dan nyaman Babinsa Koramil 04/Binangun Kodim 0703/Cilacap Serda Rusmadi kawal kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) serentak dalam rangka upaya pencegahan Stunting, di Posyandu Desa Kemojing Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap. Selasa (17/01/23)

Hadir dalam kegiatan tersebut, Babinsa Kemojing Serda Rusmadi, Ketua Tim penggerak PKK Sultoni, Bidan Desa Kemojing Marifatul Amaliyah, Amd. Keb., kader kesehatan Posyandu.

Marifatul Amaliyah, Amd. Keb., menjelaskan tujuan dari Pemberian Makanan Tambahan (PMT) adalah memenuhi kebutuhan gizi Balita sekaligus memberi pembelajaran pada ibu dari Balita sasaran.

"Pada program ini, pihak kader kesehatan Desa Kemojing memberikan bantuan dalam bentuk makanan olahan atau makanan lokal,"ungkapnya.

"Makanan tersebut diberikan pada Balita yang mengalami gizi buruk dan juga diberikan pada Balita yang sehat. Namun, jenis makanan yang diberikan hanya berfungsi sebagai tambahan harian saja, bukan sebagai pengganti makanan pokok. Dalam prosesnya pemberian makanan yang dikelola oleh kader Posyandu tetap dalam pengawasan petugas gizi Puskesmas Binangun,"terangnya.

Disela kegiatan Serda Rusmadi menegaskan bahwa makanan tambahan Balita perlu diperhatikan, karena semakin tumbuh dan berkembang kemampuan Balita, semakin besar juga energi yang dibutuhkan.

"Kalau mengandalkan makanan pokok saja tidak cukup, sehingga butuh makanan tambahan. Namun makanan tambahan untuk si kecil tidak boleh sembarang pilih, karena bisa jadi sasaran gizinya tidak sesuai atau sebaliknya malah berlebihan," pungkasnya. 



(R04)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar