Senin, 02 Januari 2023

Cegah Stunting, Babinsa Dampingi Penimbangan Serentak


Cilacap - Dalam rangka mendukung program Pemerintah, Serka Sudarto Babinsa Koramil 14/Cimanggu Kodim 0703/Cilacap, menghadiri kegiatan pendampingan penimbangan serentak (Pentak) petugas Posyandu yang melaksanakan pemeriksaan kesehatan Balita, mulai dari penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, lingkar perut, lingkar kepala, lingkar lengan dan pemberian vitamin serta makanan tambahan, yang bertempat di Posyandu Tunas Harapan Desa Karangreja Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, Senin (01/1/23 )

Hadir dalam kegiatan tersebut, KPM Puskesmas Cimanggu I Nurul Awaliyah, S.E., Bidan Desa Karangreja Lingling, A.Md.Keb., Babinsa Koramil 14/Cimanggu Serka Sudarto, Sekertaris PKK Warsinem, Spirit Kesehatan Desa (SKD) Siti Rokhimah dan Balita sebanyak 35 orang.

Serka Sudarto mengatakan bahwa tujuan pendampingan kegiatan Penimbangan Serentak (Pentak) di setiap Posyandu ini, untuk mengetahui tumbuh kembang anak Balita di wilayah Desa binaan, agar terhindar dari Stunting sesuai program pemerintah.

"Kami berharap kepada para orang tua yang memiliki Balita, agar rajin memeriksakan kesehatan di Posyandu, agar pertumbuhan anaknya dapat terpantau dan terhindar dari Stunting, "ujarnya.

Ditempat yang sama, Bidan Desa Karangreja menambahkan bahwa pentingnya pengukuran berat badan dan tinggi badan anak gunanya untuk mengetahui perkembangan sang anak dalam pertumbuhannya. Selain pengukuran berat dan tinggi badan kita juga memberikan Vitamin dan makanan tambahan. 

"Dengan mendapatkan Vitamin dan asupan gizi yang cukup, maka pertumbuhan anak akan berkembang sebagaimana mestinya, dan dapat tercegah dari Stunting, "jelasnya.

Lingling menambahkan bahwa, penyebab utama terjadinya Stunting adalah kurangnya asupan gizi yang cukup, sehingga sangat berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan dan perkembangan anak saat masa pertumbuhan. Jadi selain mendapatkan vitamin dan makanan tambahan dari petugas kesehatan, para orang tua juga harus benar-benar memperhatikan pemenuhan gizi bagi sang anak mulai dari kandungan sampai dengan usia 2 tahun,"tutupnya.

 

(R14)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar