Senin, 30 Januari 2023

Penuhi Gizi Balita, Babinsa Dampingi Pemberian Makanan Tambahan (PMT)


Cilacap - Babinsa Koramil 14/Cimanggu, Kodim 0703/Cilacap Serka Mulyono menghadiri kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi anak-anak yang masuk dalam kategori Stunting di wilayah Desa Cilempuyang Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap, Senin (30/1/23)

Hadir dalam kegiatan tersebut Kabid Yankes Kabupaten Cilacap Dr. Waryoto, Tim Medis PKM Cimanggu I dr. Yani Umaroh, Kapus Cimanggu I Agung Sugiyono, S.KM.,MM., Babinsa Koramil 14/Cimanggu Serka Mulyono, Sekdes Cilempuyang Ion Turyono, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Cilempuyang Nur Mubarok dan Ibu-ibu Penggerak Posyandu.

Dalam kesempatan tersebut, dr Yani Umaroh dari PKM Cimanggu I menyampaikan bahwa, "Atas kebijakan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, salah satu cara untuk mengurangi anak Stunting yaitu dengan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada anak-anak yang kurang asupan makanan bergizi. 

"PMT ini diberikan selama 90 hari, kepada warga yang mempunyai anak stunting secara bertahap, berupa makanan nasi kotak dengan menu telur atau ikan, sayur, bubur kacang hijau dan buah-buahan, "ujarnya.

Lebih lanjut Yani Umaroh menambahkan, Pemberian Makan Tambahan ini sangatlah penting untuk pemulihan gizi, bagi anak-anak yang termasuk kategori stunting, tujuannya untuk pencegahan Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) dan Balita, "Pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Serka Mulyono mengatakan bahwa, "Selain pemberian PMT, kami bersama Tim Kesehatan dan Kader Posyandu juga melaksanakan pemeriksaan terhadap Balita yang terindikasi stunting setelah pemberian PMT selama 2 Minggu, untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangannya. Selain itu kita juga mengadakan pelayanan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan penyuluhan kesehatan,"ungkapnya.

"Kita berharap dengan adanya program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) ini, dapat membantu memulihkan kondisi anak kategori Stunting, agar bisa kembali tumbuh normal, sehat seperti anak-anak seusianya, "ujarnya Babinsa. 

(R14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar