Senin, 16 Januari 2023

Pencegahan Stunting, Babinsa Buntu Monitoring Program PMT di Wilayah Binaan


Cilacap - Upaya pencegahan Stunting dilakukan Babinsa Buntu, Koramil 03 Kroya Peltu Eko Daryanto dengan melaksanakan monitoring kegiatan Program PMT (Pemberian Makanan Tambahan) di wilayah binaanya, yang pada Senin (16/01/2023) telah dilaksanakan Pemberian Makanan Tambahan kepada anak Balita selama 93 hari bertempat di Ruang PKK Balai Desa Buntu, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap.

Selain Babinsa Buntu Peltu Eko Daryanto, hadir juga Bhabinkamtibmas dan sejumlah petugas lain juga hadir diantaranya perangkat Desa Buntu dan Bidan Desa serta Kader PKK Desa Buntu.

Babinsa mengatakan saat ini masalah stunting menjadi perhatian khusus bukan hanya di tingkat nasional bahkan sampai ke wilayah pedesaan. Berbagai program pemerintah dilakukan untuk mencegah dan mengatasi stunting diantaranya dengan metode menjaga pola makan, pola asuh, fasilitas sanitasi dan akses air bersih bagi anak balita.

"Salah satu yang kita lakukan bersama Bidan Desa dan Ibu ibu PKK maupun kader Posyandu adalah melakukan upaya preventif atau pencegahan dengan sasaran para balita, yaitu dengan memberikan makanan tambahan untuk meningkatkan gizi anak," katanya.

Seperti kita tahu bahwa masa Balita adalah masa emas yang membutuhkan nutrisi atau gizi yang cukup dan seimbang, tentunya program PMT ini sangat tepat dilakukan guna mencegah stunting pada Balita.

Disamping itu juga harus ada peran orang tua untuk selalu aktif dalam program Posyandu agar memudahkan petugas dalam memantau tumbuh kembang anak.

"Kalau anaknya tidak dibawa ke Posyandu nanti Bu Bidan ga tahu dong data perkembangan anak, nah pentingnya meningkatkan asupan makanan bergizi akan terlihat dari meningkatnya grafik berat badan anak setiap pemeriksaan kesehatannya,"ujar Babinsa.

Bidan Desa Buntu mengungkapkan kehadiran Babinsa dan Bhabinkamtibmas di setiap kegiatan PMK sangat penting bagi kelancaran program pencegahan stunting.

"Kami merasa tidak sendiri, tapi kami bersama sama dan kompak untuk mendukung program pemerintah kaitannya mencegah stunting dan dengan bersinergi apapun masalah pasti bisa diatasi," ungkapnya.

 

(Oke)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar