Kamis, 12 Januari 2023

Tumpang sari Jagung dan Kedelai, Komitmen Kodim Cilacap Dukung Ketahanan Pangan


Cilacap - Memiliki lahan TNI AD yang terbengkalai di Dusun Karang jambu, Desa Caruy, Kecamatan Cipari dimanfaatkan oleh Kodim 0703 Cilacap untuk menggalakan program pertanian guna mendukung ketahanan pangan nasional yang hasilnya diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat sekitarnya.

Secara geografis areal lahan tersebut memiliki kontur tanah merah di atas perbukitan yang mana sistem pengairanya masih tadah hujan dan mengandalkan curah hujan yang turun di wilayah itu.

Kodim 0703 Cilacap bersama warga yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) setempat telah berupaya menggarap lahan seluas 5 hektar itu dengan menanam bibit jagung varietas Hibrida R7 Red pada penanaman awal pada bulan November 2022. 

Penanaman jagung dilakukan dalam dua tahap, yang kedua dilakukan pada akhir bulan November 2022. Belakang muncul ide untuk melakukan tumpang sari dengan tanaman kedelai yang juga sangat cocok dengan kondisi tanah disana.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0703 Cilacap Kapten Inf Saidin selaku penanggung jawab program Ketahanan Pangan Kodim 0703 Cilacap dalam laporan mingguan menjelaskan terkait perkembangan kegiatan ketahanan pangan yang berlokasi di Desa Caruy, Kecamatan Cipari pada Kamis, (12/01/2023).

"Perlu kami sampaikan bahwa perkembangan Tanaman jagung R7 Red di areal lahan Desa Caruy  saat ini sudah berumur 41 hari, tanaman jagung secara umum kondisinya subur dengan ketinggian tanaman kurang lebih antara 70 sampai 120 cm. Adapun kegiatan yang saat ini kita lakukan adalah melaksanakan perawatan dan pemupukan secara teratur," jelasnya.

Di atas areal lahan seluas 5 hektar, sebagian kita lakukan upaya tumpang sari dengan tanaman kedelai terutama di areal lahan yang dekat dengan lembah yang sangat cocok untuk tanaman kedelai dan perkembanganya sangat baik dan subur.

"Program ketahanan pangan secara umum terdiri dari tanaman padi, jagung dan kedelai atau pajale, kalau untuk padi produktivitasnya sudah menunjukkan surplus, sekarang yang perlu ditingkatkan adalah tanaman jagung dan kedelai. Kita berharap dengan adanya kegiatan ini akan dapat memperkuat ekonomi dan mensejahterakan masyarakat," harapnya.

 

Oke

Tidak ada komentar:

Posting Komentar