Kamis, 05 Januari 2023

Kodim 0703 Cilacap Fokus Olah Lahan TNI AD di Desa Caruy Untuk Kesejahteraan Warga


Cilacap - Sesuai kebijakan dari pimpinan TNI AD terkait pemanfaatan lahan milik TNI AD di seluruh wilayah Satuan jajaranya, mendasari Kodim 0703 Cilacap untuk mengolah dan memanfaatkan lahan milik TNI AD seluas 5 hektar di Dusun Karang Jambu, Desa Caruy, Kecamatan Cipari melalui kegiatan ketahanan pangan dengan memberdayakan para petani di desa setempat, Kamis (05/01/2023).

Program ketahanan pangan yang sudah diawali dengan penanaman perdana pada bulan Agustus 2022 menandakan keseriusan Kodim 0703 Cilacap dalam mendukung program ketahanan pangan nasional guna mengatasi kesulitan masyarakat dan mengantisipasi kemungkinan buruk akibat dampak krisis global.

Dijelaskan Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0703 Cilacap Kapten Inf Saidin selaku Supervisi kegiatan program ketahanan pangan wilayah Kodim 0703 Cilacap menjelaskan saat ini program ketahanan pangan difokuskan ke wilayah Desa Caruy dimana di wilayah tersebut terdapat lahan milik TNI AD yang terbengkalai dan tentunya sangat baik jika dimanfaatkan untuk pertanian guna menambah perekonomian warga.

"Sesuai kontur atau kondisi lahan yang ada, dipilih tanaman jagung sebagai bibit yang ditanam di area lahan di Caruy karena dinilai sangat cocok dengan tanahnya dan mampu hidup dengan baik meskipun dalam kondisi keterbatasan pengairan," jelasnya.

Perlu kami laporkan bahwa saat ini perkembangan tanaman jagung varietas Hibrida R7 program ketahanan pangan Kodim 0703 Cilacap sudah berumur 36 hari sejak penanaman bibit pada 24 November 2022 dan tanam susulan tanggal 28 November s.d 2 Desember 2022.

"Perkembangan tanaman jagung terpantau baik dan subur ketinggian tanaman rata rata 50 sampai 70 cm. Guna menjaga kesuburan tanaman, telah dilakukan upaya perawatan dan pemupukan secara berkala. Kami berharap tanaman jagung bisa tumbuh dengan baik hingga nanti masa panen," harapnya.

 

Oke

Tidak ada komentar:

Posting Komentar