Rabu, 04 Januari 2023

Deteksi Stunting Dengan Penimbangan Serentak


Cilacap - Serda Rahmat Junaedi Babinsa Desa Alangamba Koramil 04/Binangun pendampingan kegiatan Penimbangan Serentak (PENTAK) Balita di Posyandu Margo widodo 2 bertempat rumah Ibu Badriyah RT 02 RW 01, Desa Alangamba Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Rabu (4/1/23)

Hadir dalam kegiatan tersebut, Babinsa Alangamba Serda Rahmat Junaedi, Bidan Desa Ika Wahyuni, Amd. Keb, Ketua Penggerak PKK Desa Alangamba Sumirah serta para Kader Posyandu Margo widodo 2.

Serda Rahmat Junaedi menjelaskan, PENTAK adalah kegiatan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi atau panjang Balita usia 0-59 bulan dilakukan secara serentak di Posyandu pada bulan Januari di Kecamatan Binangun. Kegiatan Posyandu kali ini terdapat 27 balita yang melaksanakan penimbangan.

“Penimbangan merupakan langkah awal dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak, penimbangan yang rutin dilakukan setiap bulan bertujuan untuk mengetahui atau deteksi dini apakah bayi, balita sehat atau tidak, kelengkapan imunisasi dan mendapatkan penyuluhan gizi,”ungkap Babinsa. 

“Lebih lanjut ada kegiatan PENTAK ini dilakukan penimbangan berat badan, pengukuran lingkaran lengan, lingkar kepala dan tinggi badan. Dan hasil dari penimbangan dan pengukuran tersebut dapat mencerminkan status gizi balita yang merupakan tolak ukur status gizi masyarakat,”imbuhnya.

 

(R04/Pendim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar