Selasa, 03 Januari 2023

Upaya Turunkan Stunting, Babinsa Kunci Dampingi Kegiatan Posyandu Serentak


Cilacap - Upaya menurunkan Stunting di wilayah binaannya dilakukan Babinsa Kunci, Koramil 11 Sidareja, Kodim 0703 Cilacap Sertu Panca dengan melaksanakan pendampingan kegiatan Posyandu Serentak (Petak) Wilayah UPTD Puskesmas Sidareja dalam hal ini bertempat di Posyandu Melati III Desa Kunci, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Senin (02/01/2023).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Camat Sidareja Nugroho S.B.S S.STP.,M.Si, Babinsa Kunci Sertu Panca, Bhabinkamtibmas Aipda Alim, Bidan Desa Kunci Wulan, Amd Keb beserta Kader Posyandu.

Pada kesempatan itu, Babinsa mengatakan kegiatan Posyandu dilaksanakan secara serentak di seluruh desa wilayah UPTD Puskesmas Sidareja.

"Adapun tujuan dari kegiatan Posyandu Serentak adalah untuk menurunkan dan mencegah Stunting khususnya di wilayah Kecamatan Sidareja," katanya.

Secara teknis kegiatan ini hampir sama dengan kegiatan posyandu pada umumnya yaitu dilaksanakan Imunisasi bagi balita mulai dari bayi lahir sampai umur 5 tahun sesuai jenjang umurnya. Dalam kegiatan Posyandu serentak juga diberikan. Asupan gizi tambahan berupa pemberian vitamin A pada anak.

Terkait Pendampingan Babinsa dalam kegiatan Posyandu serentak merupakan komitmen TNI untuk mendukung pemerintah dalam upaya percepatan penurunan Stunting di wilayah binaannya menuju wilayah bebas Stunting.

"Guna mewujudkan tujuan tersebut, perlu upaya bersama dan sinergi antar elemen yang ada di wilayah untuk bersama sama ambil bagian dalam kegiatan penurunan Stunting. Salah satu dari upaya itu adalah dengan kegiatan Posyandu yang dilaksanakan secara serentak agar berhasil guna dan tepat sasaran,"tegasnya.

Selain itu pentingnya menghimbau masyarakat dengan memberikan edukasi akan pentingnya kegiatan Posyandu bagi anak anak balita. Sehingga tumbuh kesadaran untuk selalu aktif dalam kegiatan pelayanan Posyandu dengan membawa putra putrinya ke Posyandu terdekat di lingkungan mereka.

"Ayo kita bersama sama mencegah Stunting dengan rajin ke Posyandu. Dengan Posyandu, Anak sehat, bertambah umur bertambah berat dan tinggi badannya,"ajak Babinsa.

 

Oke

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar